Sunday 24 September 2017

WISATA DI SONGGO LANGIT MANGUNAN, KABUPATEN BANTUL , JOGYAKARTA


Pada bulan Juni 2017 saat mudik menuju Jawa Timur saya sekeluarga transit di Kota Jogyakarta selama 2 hari. Ada ide untuk mencari tempat wisata yang suasana alam dan pegunungan. Iseng – iseng googling di internet. Dan akhirnya nemuin spot yang belum pernah saya dan keluarga kunjungi. Saya temukan tempat wisata Songgo Langit yang lokasinya berada di Mangunan, Bantul. Selanjutnya tanya – tanya sama security hotel tentang lokasi tersebut dan diberikan rute – rutenya. Sekitar jam 13.00 meluncur ke lokasi yang akan saya tuju. Dengan berbekal GPS di HP saya mengikuti rute yang diberikan . Dari GPS diarahkan menuju Imogiri dan berlanjut ke Mangunan yang pasti agak sedikit bingung soalnya baru pertama kali ke sini. Dengan perjalanan kurang lebih 1,5 jam akhirnya sampai dan GPS menunjukkan jalan yang benar he he he he he. Maaf saya tidak bisa memberikan rute yang jelas soalnya hanya ngikutin GPS dan rambu2 yang ada. Setelah sampai di lokasi saya dan keluarga berhenti di parkiran wisata hutan pinus. Hanya 2 tempat wisata yang bisa saya kunjungi di lokasi ini, soalnya waktu itu sudah sore sampai lokasinya. Nah bagi anda yang sedang berlibur ke Jogyakarta tidak ada salahnya untuk mampir ke lokasi wisata ini.

Berikut penampakan dari Google Earth
GARIS LINTANG : 7°55'56.63"S
GARIS BUJUR : 110°25'47.26"T



1. Wisata Hutan Pinus
Lokasi di sini udaranya dijamin segar dan suasana damai. Di sekitaran parkiran pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman. Sehubungan waktu itu masih suasana bulan Ramadhan, hanya anak saya yang paling kecil saja yang makan. Untuk harga makanan dan minuman dijamin gak mahal. Selesai temanin anak makan, saya menuju lokasi Hutan Pinus yang letaknya berseberangan dengan parkiran tersebut dengan membayar tiket masuk waktu itu sekitar Rp. 2000,-. Disini disuguhkan pemandangan hutan pinus yang tertata apik. Pengunjung disajikan pohon – pohon pinus yang berjajar dan menjulang tingggi. Disajikan juga beberapa rumah pohon yang tingginya bervariatif sekitar 2 meter sampai 7 meter. Dari rumah pohon bisa melihat spot – spot pegunungan dan lembah yang sangat hijau. Disini juga disediakan penyewaan ayunan dari kain yang digantung antara pohon dengan pohon. Berhubung waktu itu tidak menyewa, saya tidak bisa memberitahu harga sewanya. Jika anda membawa tenda kecil bisa melakukan kemah disini dan bisa beristirahat dengan suasana hutan pinus. Berikut saya kasih penampakanya.






2. Wisata Rumah Hobbit
Sekitar pukul 15.00 saya dan keluarga menuju Wisata Rumah Hobbit. Di tempat ini pengunjung disuguhkan nuansa hutan berisi rumah – rumah kecil yang disebut rumah hobbit dan batu – batu yang dinamakan seribu batu. Pengunjung disajikan dengan permaian Flying Fox. Bagi para jomblo bisa melakukan photo - photo disini. Dijamin tempat ini sangat patut untuk dikunjungi. Untuk masuk di area ini sangat murah dengan harga tiket kurang lebih Rp. 2.000,-. Dan bagi pengunjung yang membawa kendaraan, disini disediakan tempat parkir yang cukup luas. Fasilitas tempat makan dan toilet juga tersedia. Berikut penampakanya.





Sekitara pukul 17.00 saya keluar dari lokasi ini dan menuju ke Jogyakarta untuk menginap semalam lagi sebelum besoknya melanjutkan untuk mudik. Untuk tempat wisata disekitaran ini sebenarnya masih banyak dan saya belum sempat untuk mengunjunginya. Rencana jika ada kesempatan lagi berkunjung di sekitaran ini, saya akan mencari spot – spot wisata yang belum sempat dikunjungi. Dijamin pengunjung akan puas dan tidak pakai mahal jika berkunjung di tempat wisata Songgo Langit. Semoga bisa menjadi referensi liburan anda dan bermanfaat untuk kita semua





No comments:

Post a Comment

POSTINGAN POPULER