Friday 22 September 2017

WISATA DI PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK


Kali ini saya akan mengajak anda untuk menikmati keindahan kota Panggul yang merupakan kota kecamatan yang masuk dalam kabupaten Trenggalek propinsi Jawa Timur. Tidak semua orang mengenal kota Panggul ini. Pastinya akan menanyakan dimana letak dari kota Panggul. Karena kota ini masih dibilang dengan suasana pedesaan yang asri. Tetapi sudah banyak fasilitas - fasilitas yang didirikan disini. Antara lain pasar, bank, mini market, ....... mart, hotel, restoran cepat saji dan sebagainya.

Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu kabupaten di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebagai :
  • Wilayah sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo
  • Wilayah sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tulungagung
  • Wilayah sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia (pantai selatan)
  • Wilayah sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pacitan

Trenggalek merupakan kota kecil yang berdekatan dengan pantai selatan, .......membaca pantai selatan pasti nya identik dengan legenda Nyi Roro Kidul. Kali ini saya tidak membahas tentang kemistikan yang ada di pantai selatan. Melainkan keindahan wisatanya yang khususnya di kota kecil Panggul. Rute untuk menuju ke Kota Panggul sendiri agak terlalu sulit, hal ini dikarenakan jalan yang bisa dilalui melewati perbukitan dan berkelok - kelok. Sangat berbahaya bagi orang yang belum pernah ke sini. Perlu adanya konsentrasi dan waspada yang tinggi saat melakukan perjalanan. Menuju ke kota ini bisa ditempuh melalui kota Trenggalek melewati Karangan, Dongko dan Panggul dengan jarak kurang lebih 55 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Untuk rute ini jika anda akan berkunjung ke Kota Panggul dengan kendaraan umum bisa menaiki Bus 3/4 dan minibus (atau istilahnya colt). Selanjutnya jika anda dari daerah Jogja untuk menuju ke Kota Panggul bisa ditempuh melalui Jalur Pacitan, Lorok dan Panggul dengan jarak tempuh kurang lebih 70 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam. Untuk kendaraan umum jika menuju ke Panggul dari Pacitan bisa menaiki Bus 3/4. Jika berkendara dengan kendaraan pribadi disarankan lebih berhati - hati dikarenakan banyak tikungan tajam. Jika melewati jalur Pacitan sepanjang perjalanan anda bisa menikmati keindahan pantai selatan dari atas. Masih ada rute lain yang bisa dilalui untuk menuju Kota Panggul. Tetapi saya hanya merekomendasikan dua rute tersebut karena yang lebih sering dilalui untuk menuju ke sini. Jika menggunakan kendaraan pribadi disarankan melakukan perjalanan ke Kota Panggul dalam waktu siang saja.

Sebagian besar belum pernah tahu di mana kota Panggul ini. Panggul merupakan kota kecamatan yang masuk kabupaten Trenggalek. Kota ini diibaratkan seperti pengki (istilah Jawa Timur cikrak).


Pengki atau cikrak yang biasa dipakai untuk mengumpulkan sampah saat kita menyapu di halaman rumah, tapi bukan berarti Panggul sama dengan sampah looo........ Justru Panggul sangat berpotensi dengan keindahan alamnya dan masyarakatnya yang ramah. Saya sendiri adalah lahir dari kota Panggul ini. Kembali lagi yang dimaksut seperti pengki atau cikrak adalah kota ini dikelilingi oleh barisan gunung sewu dan pada bagian selatan adalah yang paling rendah yaitu samudra Hindia (pantai selatan istilah keren nya). Saya tampilkan gambaranya seperti di bawah ini

Jika anda mau mengetahui posisi kota panggul bisa dilihat pada Google Earth di koordinat sebagai berikut :


Koordinat Kota Panggul
Garis Lintang : 8°14'52.76"S

Garis Bujur : 111°27'13.15"T

Koordinat Pantai Pelang
Garis Lintang : 8°15'33.03"S

Garis Bujur : 111°25'24.14"T

Koordinat Pantai Konang
Garis Lintang : 8°16'30.06"S

Garis Bujur : 111°27'9.26"T

Koordinat Air Terjun Pelang
Garis Lintang : 8°15'25.01"S

Garis Bujur : 111°25'18.23"T

Ok selanjutnya kita menuju ke tempat pariwisata yang setiap tahun pasti saya kunjungi bersama keluarga....... biasanya saat mudik.

1. Pantai Pelang
Pantai ini terkenal ombaknya yang sangat besar dan berbahaya jika mandi di pantai ini.
Bukan berarti tidak diijinkan untuk mandi di pantai, berhubung pantai ini ombaknya sangat besar dan konturnya tidak landai dalam arti bibir pantai yang dekat dengan cekungan atau jurang pantai. Jadi disarankan jika mandi disini jangan terlalu masuk ke pantainya. Pantai Pelang sangat indah dan viewnya tidak kalah dengan di pantai lainya maupun di negeri nan jauh di sana. Jika anda kesini dijamin akan balik lagi di lain waktu.

Jika ingin mengetahui lewat Google Earth sudah saya tampilkan di atas koordinatnya.

Berikut view Pantai Pelang


2. Air Terjun Pelang
Air terjun ini lokasinya tidak jauh dari pantai pelang dan masih dalam komplek Wisata Pantai Pelang. Jarak dari pantai pelang kurang lebih 200 meter ke arah utara dengan jalan kaki. Di komplek air terjun ini tidak perlu kuatir untuk kehausan dan kelaparan. Di sini banyak warung – warung yang menyajikan makanan dan minuman. Untuk harga dijamin pengunjung tidak bakalan dipalak karena makanan dan minuman disini murah – murah. Sekitaran air terjun juga terdapat kolam renang yang bisa dipakai untuk anak – anak kecil. Untuk air terjunya sendiri dijamin jernih dan sejuk , yang berasal dari mata air pegunungan disekitarnya. Disini juga ada gua untuk pertapaan looo... Jika anda kepingin bertapa disini untuk mencari ilmu silahkan, tapi saya sarankan jangan he he he he.

Di area ini jika ingin mendirikan perkemahan juga bisa karena dengan rumput yang tidak tinggi dan bisa menikmati suara deburan ombak Pantai Pelang dan gemericik air terjun.

Berikut suasana air terjun Pelang


3. Pantai Konang
Pantai Konang ini letaknya di Desa Nglebeng dan view nya sangat beautiful istilah orang negeri jauh. Pengunjung disini dimanjakan dengan keindahan pantai suasana bukit. Pengunjung bisa berenang di pantai tetapi harus tetap hati – hati, karena pantai selatan dari dulu sudah terkenal ombaknya yang besar dan ganas. Pantai disini cenderung landai tidak seperti di pantai pelang.

Pengunjung dimanjakan dengan aneka ikan bakar dengan sambal kecap yang bikin ketagihan dan menu makanan maupun minuman lainya. Kita juga bisa menikmati permaikan KTV dan motor trail . Tidak kalah lagi bisa menyewa perahu yang mengitari sungai disekitaran pantai dan harga sewanya murah. Jika pas musim nelayan menangkap ikan, pengunjung bisa ikut membantu menarik jala yang sudah di tebar di laut lepas. Disini nelayan menarik jala ke tepian pantai secara beramai – ramai dan yang pastinya pengunjung akan senang hati untuk ikut menarik jala. 

Berikut suasana Pantai Konang


Jika anda kepingin berkunjung ke Panggul untuk berlibur dan tanpa ada tempat saudara maupun famili yang disinggahi, tidak perlu kuatir karena di Panggul sudah ada Hotel dan Penginapan. Memang gak berbintang sih tetapi agan – agan bisa menginap disini :

Ø Hotel Ratu di Jl. MT. Haryono 23

Ø Penginapan Purnama di Jl. Raya Wonocoyo 6

Ø Hotel dan Kolam Renang Tirta Arum di Jl. MT. Haryono 14

Untuk berbelanja di Panggul selain pasar sudah ada toko pakaian, mini market, alfa mart dan indomart . Dan jika anda kepingin wisata kuliner khas Panggul juga tersaji warung – warung disekitaran. Tempat makan cepat sajipun juga sudah ada disini. Pastinya anda tidak akan dipusingkan mengenai penginapan maupun makan. Saya akhiri dulu pengalaman berlibur di Panggul. Masih banyak spot – spot wisata yang sering saya kunjungi dan belum sempat saya tampilkan ditulisan ini. Lain waktu saya share tempat wisata sekitaran Panggul yang bisa dikunjungi untuk anda semua.
Semoga bermanfaat untuk kita semua. Wassalam..













No comments:

Post a Comment

POSTINGAN POPULER