Saturday 21 December 2019

20 TIPS KESELAMATAN UNTUK MENGEMUDI

Jika kita ingin tetap aman dan selamat di jalan saat berkendara, alangkah baiknya melakukan 20 tips berkendara dengan selamat. Tidak peduli seberapa ahlinya kita dalam mengemudi, ada baiknya kita merenungkan dasar-dasar keselamatan lalu lintas dari waktu ke waktu hanya untuk memastikan kita cukup berhati-hati dalam berkendara, pejalan kaki dan pengendara lainnya seaman mungkin .

20 Tips Keselamatan untuk Mengemudi
Keselamatan adalah sesuatu yang harus diingat oleh pengemudi setiap saat. Setelah semua, saat kita mengoperasikan kendaraan bermotor, kita memiliki tanggung jawab untuk melakukan bagian kita agar jalan raya aman untuk diri sendiri, pengemudi lain, penumpang, dan orang lain yang mungkin terkena dampak kecelakaan lalu lintas.

1.    Tetap Waspada
Secara aktif perhatikan tindakan Anda dan tindakan pengemudi di sekitar Anda saat Anda mengemudi.

2.    Hindari Asumsi
Jangan membuat kesalahan dengan mengasumsikan bahwa pengemudi lain akan melakukan apa yang menurut Anda harus mereka lakukan.

3.    Gunakan Turn Signals
Selalu gunakan sign belok Anda sebelum pindah jalur, akan berhenti, akan belok  atau berputar.

4.    Sabuk Pengaman
Memakai sabuk pengaman Anda adalah bagian kelengkapan keamanan penting untuk pengendara. Anda tidak hanya akan mengalami cedera dalam kecelakaan jika Anda tidak mengenakan sabuk pengaman, Anda juga bisa didenda karena gagal melakukannya.

5.    Ikuti Lampu Lalu Lintas dan Rambu – rambu lalu lintas
Perhatikan dan patuhi lampu lalu lintas yang ada dan jangan sampai melanggarnya. Jika melanggar akan fatal akibatnya. Begitu juga patuhi rambu – rambu lalu lintas yang ada.

6.    Waspada Lampu Rambu Lalu Lintas Warna Kuning
Perlu diingat bahwa yang dimaksud dari lampu kuning adalah memberi tahu bagi pengemudi untuk memperlambat dan bersiap berhenti. Lampu lalu lintas warna kuning seharusnya tidak dipandang sebagai tanda untuk menginjak gas agar terburu-buru melewati persimpangan sebelum lampu berubah menjadi merah.

7.    Stop dan Berhenti
Bila Anda melihat tanda berhenti atau lampu merah, penting untuk membawa kendaraan Anda untuk berhenti total, bahkan jika Anda merasa tidak ada kendaraan lain yang akan datang.

8.    Jangan Mengetik (SMS) selama Berkendara
Tidak dapat diterima untuk mengirim pesan teks (SMS) saat mengoperasikan kendaraan bermotor. Jika Anda akan menulis pesan teks (SMS), lebih baik untuk menepi di tempat yang aman.

9.    Patuhi Batas Kecepatan
Saat mengemudi, penting untuk tetap mengikuti batas kecepatan yang dipasang pada area sepanjang jalan yang dilalui. Batasan yang kecepatan yang dipasang pada jalan tidak ditetapkan secara semena-mena, tetapi ada pertimbanganya. Tanda – tanda tersebut di pasang dengan cermat untuk memaksimalkan keamanan bagi pengemudi dan individu di area perumahan, tempat bisnis, dan perusahaan di area di mana jalan raya berada.

10.    Kondisi Cuaca
Bila cuacanya kurang baik, seperti kondisi hujan, atau berkabut, gunakan tindakan pencegahan ekstra saat mengemudi dan mengikuti panduan agar tetap aman dalam situasi tertentu yang Anda hadapi.

11.    Kesabaran
Banyak kecelakaan disebabkan oleh driver yang tidak sabar dan terburu-buru untuk mencapai dari titik A ke titik B. Kadangkala untuk mencapai tujuan yang anda tempuh memerlukan waktu yang singkat dikarenakan ada keperluan yang Urgent. Dalam kondisi ini biasanya pengemudi tidak sabar dan inginya untuk cepat sampai. Dengan kecepatan untuk mencapai tempat tujuan bisa berakibat fatal (kecelakaan). Sementara waktu tentu saja merupakan pertimbangan saat bepergian, keselamatan menjadi lebih penting lagi. Sering terjadinya kecelakaan dikarenakan seorang pengemudi lebih mementingkan banyak menghadapi rintangan dengan tepat waktu untuk sampai tujuan dibandingkan mengemudi dengan penuh kesabaran untuk mencapai tujuan. Yang dimaksud disini biar terlambat yang penting selamat.

12.    Dapat diprediksi
Jangan membuat pergerakan atau berpindah jalur secara mendadak. Sebaiknya anda lebih berhati – hati dan memastikan pengendara lain bisa melihat dan memprediksi bahwa anda akan melakukan perpindahan saat mengemudi.

13.    Jangan Berkendara di bawah pengaruh obat – obatan atau minuman
Hindari saat anda berkendara tidak dalam keadaaan minum – minuman atau dalam kondisi setelah meminum obat (apakah itu jenis obat resep atau non resep).

14.    Hak Jalan
Jika ada pengemudi yang sudah sesuai dengan jalurnya sebaiknya kita tidak perlu untuk mengacaukanya (mengambil jalurnya). Sebaliknya jika mengetahui pengemudi lain mengambil jalur kita sebaiknya memberikan tanda – tanda berupa lampu jauh maupun klakson. Dan jika pengemudi tersebut tidak menghiraukan tanda – tanda yang telah kita sampaikan sebaiknya kita mengalah. Berarti pengemudi tersebut tidak menghiraukan faktor keselamatan.

15.    Tahu Ke mana Anda Pergi
Rencanakan rute perjalanan Anda sebelumnya, sehingga Anda tidak berusaha untuk mencari tahu ke mana harus pergi saat Anda sedang mengemudi. Disini perlunya mengetahui alamat tujuan yang jelas saat anda bepergian dengan kendaraan.

16.    Menghormati Kendaraan yang Berhenti
Saat melewati kendaraan yang sedang berhenti di pinggir jalan, sebelumnya pastikan kondisi di depan yang berlawanan arah kita dalam keadaan aman (tidak ada kendaraan lain). Jika sudah aman anda bisa melanjutkan untuk melewatinya (pindah jalur) kendaraan yang berhenti tersebut. Jika pindah jalur (melewatinya) tidak memungkinkan, sebaiknya melambat sambil melewati kendaraan yang berhenti.

17.    Hindari Gangguan
Mengirim pesan teks bukanlah satu-satunya gangguan berbahaya yang harus dihindari pengemudi saat mengoperasikan kendaraan. Mengubah CD, menggunakan ponsel, makan, dan berinteraksi dengan penumpang hanyalah beberapa contoh dari jenis gangguan yang harus Anda hindari saat mengemudi.

18.    Gunakan Lampu Depan bila Dibutuhkan
Lampu depan tidak hanya diperlukan di malam hari. Bila Anda mengemudi dalam hujan atau kabut, menyalakan lampu depan Anda dapat memainkan peran penting dalam menjaga Anda dan orang-orang di sekitar Anda aman di jalan.

19.    Berbagi Jalan
Ingatlah bahwa Anda bukan satu-satunya pengemudi di jalan. Keselamatan dalam perjalanan sangat penting, yang harus diikuti setiap pengemudi adalah untuk saling berbagi jalan dengan pengemudi lain. Kita harus saling menghormati dengan pengemudi lain.

20.    Pemeliharaan Kendaraan yang Tepat
Jaga agar mobil Anda tetap dalam kondisi baik untuk di kendarai. Termasuk menjaga agar kondisi oli masih baik, melakukan perawatan mesin secara berkala, memastikan kondisi ban dalam standar, dan memastikan lampu eksterior kendaraan berfungsi setiap saat.

Tetap Aman dan Selamat di Jalan. Lakukanlah 20 tips keselamatan ini untuk berkendara dan patuhi semua peraturan jalan. Anda akan berada di jalan untuk menjadi pengemudi yang tertib dan bertanggung jawab. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

POSTINGAN POPULER