Saturday 21 December 2019

BERKENDARA DENGAN ECO DRIVING

Pengertian dari kata Eco dapat berarti Economic (hemat) atau bisa berarti Ecology (ramah lingkungan). Dengan demikian pengertian eco drive adalah teknik mengemudikan kendaraan yang dapat menaikkan tingkat keselamatan, dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi. Eco driving adalah cara mengemudi efektif yang didukung oleh teknologi terkini agar tercapai tujuan utama para pengendara yaitu berkendara dengan bahan bakar yang irit/efisien dan yang lebih penting lagi ramah lingkungan.Dalam menerapkan Eco Driving ada beberapa persiapan yang perlu kita laksanakan yaitu menggunakan bahan bakar sesuai oktan yang disarankan, sebelum berkendara periksa tekanan angin ban secara visual, menghindari muatan yang berlebihan dan selalu melakukan servis mobil secara berkala. Jika kita menerapkan Eco Driving akan mendapatkan manfaat - manfaat , hemat bahan bakar, ramah terhadap lingkungan, menghemat biaya perawatan kendaraan, tidak membuat stres pengemudi, nyaman bagi penumpang. Berikut sebagai panduan untuk Eco Driving :

1. Mempertahankan mobil anda seringan mungkin
Setiap penambahan 100kg berat di bagasi, maka efisiensi bahan bakar menurun hingga 6% pada mid-size sedan. Sebuah efisiensi bahan bakar kendaraan juga sangat sensitif terhadap gesekan udara. Ketika Anda menginstal rak atap, efisiensi bahan bakar dapat menurunkan hingga 20%.

2. Supaya menjaga tekanan udara pada ban kendaraan.
Jika Anda mengemudi dengan ban yang 50kPa kurang dari tekanan udara yang direkomendasikan, bahan bakar dapat menurunkan hingga 6% di kota dan 4% di jalan raya.
Tekanan angin dalam ban akan berkurang rata-rata 5% setiap bulannya, sehingga disarankan untuk melakukan pengecekan setiap bulan tekanan angin dalam ban tetap sesuai dengan ketentuan (tidak kekurangan dan tidak kelebihan). Untuk mengetahui tekanan angin pada ban kendaraan bisa dilihat pada buku petunjuk kendaraan atau pada petunjuk yang tertempel pada mobil (biasanya menempel pada pintu sebelah kanan bagian dalam).

3. Ketika mobil diam / berhenti dalam waktu cukup lama, matikan mesin atau masukan gear dalam posisi netral
Jika mobil Anda diam / berhenti selama lebih dari satu menit dengan mesin menyala, mengkonsumsi bahan bakar lebih dari ketika memulai mobil Anda. Dalam 10 menit, mobil Anda akan mengkonsumsi bahan bakar 130cc.

4. Refrain from Abrupt Acceleration / Quick Starts
Akselerasi bertahap meningkatkan efisiensi bahan bakar. Mempercepat sekitar 20km / jam melalui lima detik meningkatkan efisiensi bahan bakar sekitar 11km.

5. Gunakan rem mesin
Mengambil kaki Anda dari pedal gas untuk memperlambat akan meningkatkan efisiensi bahan bakar Anda dengan 2%.

6. Gunakan AC sehemat mungkin.
Pengendara digarapkan menyesuaikan pengaturan AC terhadap kondisi cuaca agar konsumsi bahan bakar efisien.

7. Gunakan ban untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar

8. Menjaga jendela dan sunroof tetap dalam keadaan tertutup ketika mobil bergerak

9. Berkendara dibawah Low RPM’s (Revolutions Per Minute).

10. Saat mengemudi tidak terlalu agresif

11. Servis berkala
Servis berkala adalah faktor yang sangat penting untuk menghemat bahan bakar, membersihkan saringan udara, serta melaksanakan pekerjaan servis rutin lainnya dengan benar. Diakhiri dengan uji emisi yang dapat membantu anda menghemat bahan bakar. Oleh karena itu, lakukan servis berkala kendaraan pada bengkel yang terpercaya.

Setelah kita baca di atas bisa diambil kesimpulan bahwa berkendara dengan menerapkan Eco Driving akan membuat lebih efisiensi. Disamping menghemat bahan bakar, menghemat biaya perawatan, menjaga lingkungan tetap nyaman dan menerapkan safety driving. Dengan demikian alangkah baiknya kita semua menerapkan Eco Driving. Semoga bermanfaat untuk kita semua.


No comments:

Post a Comment

POSTINGAN POPULER