Sunday 8 October 2017

CARA MEMBACA SIMBOL ATAU KODE DI BAN MOBIL 1

Kali ini saya akan share bagaimana cara membaca simbol atau kode yang ada pada ban mobil. Dari sekian banyak pemilik mobil, masih banyak yang belum tahu arti dari simbol - simbol yang ada pada ban mobil. Kali ini yang akan share simbol ban terkait dengan lebar, aspek rasio, konstruksi ban, diameter velk, beban maksimum dan kecepatan maksimum. Hal ini pengetahuan dasar yang wajib diketahui bagi pemilik kendaraan khususnya mobil. Pastinya dengan pengetahuan ini sebagai panduan pemilik mobil sebagai panduan pemilik mobil saat akan mengganti ban baru ataupun memodifikasi. Mari kita melihat simbol yang ada sesuai figure di bawah ini.


Saat ini yang kita bahas sesuai dengan simbol yang diwarnai merah. Dari simbol tersebut tertulis 195/65 R15 91H. Mungkin bagi orang awam simbol tersebut tidak berarti, tetapi bagi pemilik mobil sangat penting. Dari simbol tersebut kita jelaskan sebagai berikut :

1. Simbol dengan nomor 1 (195).
Dari simbol ini menunjukkan lebar nominal ban atau telapak ban dalam satuan milimeter. Lebar telapak ban dipilih sesuai kebutuhan dari kendaraan. Berikut figure dari telapak atau lebar ban.

 

2. Simbol dengan nomor 2 (65)
Simbol tersebut adalah aspek rasio, yaitu rasio/perbandingan antara ketebalan profil ban dengan lebar telapak ban. Angka 65 di sini mengisyaratkan tinggi/tebal ban adalah 65% dari lebar telapak ban. Aspek rasio didapat dengan cara membandingkan antara tinggi ban dengan lebar ban dikalikan 100 %. Semakin besar aspek rasio ban, tingkat kenyamanan akan semakin baik, tetapi kemampuan untuk membelok kurang baik. Ban ini cocok untuk kendaraan penumpang yang membutuhkan kenyamanan. Begitu pula sebaliknya untuk ban dengan aspek rasio kecil, maka dimensi ban cenderung lebih tipis. Ban jenis ini cocok untuk kendaraan balap karena kemampuan membeloknya baik, tetapi kenyamanannya menjadi berkurang. Berikut figure dari aspek rasio.

3. Simbol dengan nomor 3 (R).
Simbol ini menunjukkan konstruksi ban dengan lapisan Radial. Radial ini mengacu pada arah lapisan belt (rigid breaker) yang ada didalam lapisan ban. Selain ban berjenis radial, ada juga ban berjenis diagonal (ban bias.

4. Simbol dengan nomor 4 (15).
Simbol ini menunjukkan diameter nominal penggunaan velk dalam satuan inch, hal ini berarti ban hanya bisa dipakai pada velk dengan diameter velk yang tertera.

5. Simbol dengan nomor 5 (91).
Simbol ini menunjukkan beban maksimum yang diijinkan per ban dengan satuan kilo gram. Untuk membaca simbol ini bisa dilihat pada figure di bawah ini.


6. Simbol dengan nomor 6 (H). 
Simbol ini menunjukkan kecepatan maksimum ban secara aman untuk dioperasikan. Dari simbol tersebut mari kita lihat figure di bawah ini.


Mari kita menterjemahkan simbol yang ada di dinding ban sesuai figure yang ada di atas 195/65 R15 91H. 
Lebar nominal ban             : 195 mm
Aspek Rasio                       : 65%
Konstruksi ban                   : Radial
Diameter Velk                    : 15 inch
Baban maksimum ban        : 615 kg/ban, di sini 91 bisa dilihat pada tabel nomor 5
Kecepatan maksimum ban : 210 km/jam, disini H bisa dilihat pada tabel nomor 6

Nah, akhirnya kita sudah mengerti simbol yang ada pada dinding ban. Untuk selanjutnya akan kami share simbol - simbol yang lainya. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

No comments:

Post a Comment

POSTINGAN POPULER