Monday 2 October 2017

TIPS 5 PANDUAN MENGEMUDI YANG AMAN





Dalam berkendara setiap orang menginginkan untuk selamat. Dibawah ini adalah lima tips dalam berkendara yang aman dan selamat.
   
      1. Selalu memandang jauh kedepan
Pastikan pandangan kita mengarah jauh ke depan. Dengan mengarahkan pandangan jauh ke depan untuk mengetahui situasi di depan kita yang akan kita hadapi. Hal ini akan membantu kesigapan kita saat terjadi pergerakan dari depan yang tidak kita inginkan. Pandangan jauh yang baik adalah memandang sejauh 15 detik ke depan, cara mengitungnya sama dengan nomor 4.

2. Selalu gerakkan mata anda
Supaya pandangan atau tatapan kita tidak kosong usahakan setiap 2 detik untuk melihat kondisi di sekitar kendaraan. Jangan sampai tatapan kita hanya tertuju ke depan saja. Dengan menggerakkan mata membuat konsentrasi dan kewaspadaan terjaga. Karena setiap detiknya area di sekitar kita berkendara pasti berubah.

3. Dapatkan gambaran secara menyeluruh
Usahakan pandangan anda tidak hanya tertuju pada arah depan saja, tetapi mata kita harus memastikan samping kanan, kiri dan belakang. Untuk melihat sekeliling kita pastinya dengan bantuan kaca spion yang ada di kendaraan kita. Untuk memastikan pandangan sekeliling kita diperlukan setiap 5 – 8 detik. Hal ini sudah menjadi kewaspadaan kita dalam berkendara. Dan kita sudah siap jika ada kendaraan yang tiba – tiba menyalip dari sebelah kiri maupun sebelah kanan.

4. Sediakan ruang untuk menghindar
Pengendara harus mengenali kondisi jalan dan perhatikan area yang bisa memungkinkan menjadi jalan keluar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Menjaga jarak dengan mobil di depan adalah hal yang sangat penting. Jika jalan dalam keadaan macet, ambilah jarak dengan kendaraan di depan yang kira-kira bisa memungkinkan kita melepaskan diri dari kemacetan. Jarak yang dianjurkan adalah 4 detik, Cara mengetahui jarak 4 detik adalah dengan :
a. Saat mengemudi, seorang pengemudi harus memperhatikan benda statid disekitar misalkan pohon, tiang listrik, dinding dan sebagainya.
b. Pengendara harus memperhatikan bagian belakang kendaraan di depan kita, Saat bagian belakang kendaraan di depan kita melewati benda statis itu, mulailah menghitung seribu dan satu ( pengucapan diasumsikan memakan waktu 1 detik ), seribu dan dua, seribu dan empat, jika pada hitungan seribu dan 4 kendaraan anda belum melewati benda statis yang kita tentukan berarti jarak anda masih aman, jika sebelum hitungan ke empat kendaraan kita melewati benda statis tersebut maka kita harus mengurangi kecepatan dan mengambil jarak kembali.

5. Pastikan pengendara lain maupun orang lain melihat anda
Penyebab terjadinya kecelakaan salah satunya adalah dikarenakan pengendara lain maupun pejalan kaki tidak mengetahui keberadaan kita sedang melintas. Disini kita harus waspada terhadap sekeliling saat berkendara. Misalkan kita membunyikan klakson, menyalakan lampu dim, ataupun berteriak jika memungkinkan. Jadi jika ada kemungkinan – kemungkinan yang membutuhkan kewaspadaan yang diakibatkan oleh orang lain jangan segan – segan untuk memastikan bahwa orang tersebut melihat kita.

Berikut tips ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment

POSTINGAN POPULER