Wednesday 11 October 2017

MENGENAL BAGIAN - BAGIAN DARI BAN

Ban merupakan bagian dari kendaraan yang tidak bisa dipisahkan. Agar kendaraan bisa berjalan dengan normal dan nyaman perlu dengan adanya ban. Ban sendiri tersusun dari beberapa bagian yang akirnya menjadi suatu bentuk yang sedemikian rupa sehingga dinamakan dengan ban. Untuk mengetahui bagian - bagian dari ban mari kita ulas sebagai berikut di bawah.






1. TREAD AREA
Tread adalah bagian dari ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan berfungsi sebagai telapak ban, untuk melindungi ban dari segala macam benturan, tusukan benda tajam yang berada dari luar. Tread ini dibuat dengan berbagai macam pola yang dinamakan Patern. Tread juga berfungsi untuk melindungi Carcass ban dari keausan dan kerusakan yang dapat disebabkan oleh kondisi permukaan jalan. Komponen ban yang satu ini merupakan komponen yang secara langsung berhubungan atau menyentuh permukaan jalan. Jika terjadi gesekan antara ban dengan permukaan jalan dan ditahan dengan memindahkan gaya gerak dan juga gaya pengereman kendaraan ke permukaan jalan. Pada Tread ban terdapat pola yang terdiri dari alur pada permukaan ban. Dan alur Tread ban dirancang sedemikian rupa, agar ban memiliki kemampuan dalam memindahkan gaya dari ban ke permukaan jalan secara optimal.

Berikut fungsi tread adalah sebagai berikut :
  • Menghilangkan panas yang diakibatkan oleh ban
  • Mengurangi noise
  • Mencengkeram permukaan jalan saat dilakukan pengereman
  • Dan sebagainya
Bagian dari Tread Area adalah sebagai berikut :
  • Rib, adalah karet telapak yang tidak terputus secara melingkar.
  • Tread Block, berbentuk secara persegi yang letaknya di bagian telapak dan mempunyai fungsi untuk mendapatkan traksi dan daya pengereman supaya lebih baik.
  • Grooves, ini berbentuk alur atau cekungan yang tidak terputus secara melingkar berfungsi untuk jalanya air saat kendaraan melewati di medan yang basah.
  • Sipes, berbentuk potongan garis - garis dengan berbagai bentuk yang fungsinya untuk traksi.
2. SHOULDER
Bagian dari ban antara Tread dengan Sidewall. Shoulder ini berfungsi sebagai penghubung antara Tread dan Sidewall

3. SIDE WALL AREA
Sama dengan tread, sidewall juga terbuat dari compound. Pada area sidewall biasanya tertulis aturan-aturan, serial number, index beban, index kecepatan, perusahaan pembuat, brand, sertifikasi negara misal SNI, CCC, DOT dan dekorasi lainnya. Fungsi dari Side Wall sendiri adalah selama kendaraan berjalan akan melentur terus menerus untuk menopang beban kendaraan dan melindungi ban dari gesekan dari samping

Side Wall Area ini terdiri dari :
  • Cap Plies, adalah sabuk benang antara karet telapak dan sabuk baja.
  • Steel Belts, adalah sabuk baja agar kontak dengan permukaan jalan rata
  • Radial Plies, adalah susunan benang nylon arah radial dan sebagai tulang pada Sidewall
4. BEAD AREA
Bead area ini berfungsi untuk mencegah robeknya ban dari rim oleh karena berbagai gaya yang bekerja, sisi bebas atau bagian samping ply dikelilingi oleh kawat baja yang disebut kawat bead. Udara bertekanan di dalam ban mendorong bead keluar pada rim pelek dan tertahan kuat disana. Bead dilindungi dari kerusakan karena gesekan dengan pelek dengan jalan memberinya lapisan karet keras yang Seperti pada keterangan gambar sebelumnya, bead merupakan bagian ujung dari ban yang menempel pada pelak dan dijepit.

Bagian dari Bead Area terdiri dari :
  • Bead Chaffers, adalah berupa material karet yang dibuat secara khusus agar bagian bead kuat dan menjepit Bead Wires.
  • Bead Wires, adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada velg.Bead tersusun dari beberapa kawat baja yang dilapisi compound dan dibentuk melingkar lalu dibungkus dengan semacam isolasi, fungsi bead juga memberikan kontak yang lunak antara ban dan rim. Dengan adanya “kawat bead” ini kekuatan ban akan bertambah.
5. BREAKER
Breaker adalah lapisan yang terletak diantara Carcass dengan Tread yang memperkuat daya rekat keduanya. Breaker meredam kejutan yang timbul dari permukaan jalan ke Carcass dan biasanya digunakan pada ban dengan bias-ply. Ban untuk bus dan truck serta truck ringan menggunakan breaker yang terbuat dari nylon, sedangkan untuk mobil penumpang menggunakan bahan polyester.

6. BELT (RIGID BREAKER)
Belt adalah tipe breaker yang digunakan pada ban radial ply dan diletakkan seperti sarung mengelilingi ban diantara carcass dan karet tread, untuk menahan Carcass dengan kuat. Ban untuk mobil penumpang menggunakan rigid breaker yang tersusun dari kawat baja, rayon atau polyester, sedangkan untuk bus dan truck menggunakan rigid breaker dari kawat baja.

7. CARCAS (CASSING)
Carcass adalah rangka ban yang keras, cukup kuat untuk menahan udara yang bertekanan tinggi, tetapi harus cukup fleksibel untuk meredam perubahan beban dan benturan. Carcass terdiri dari ply (layer) dari tire cord (lembaran anyaman paralel dari bahan yang kuat) yang direkatkan menjadi satu dengan karet. Cord pada ban-ban bus atau truck biasanya dibuat dari nylon atau baja, sedangkan untuk mobil-mobil penumpang kecil biasanya terbuat dari polyester atau nylon.

8. INNER LINER
Semua ban radial biasanya tube less atau tanpa tube, Terbuat dari compound yang berfungsi untuk mengganti fungsi tube yaitu menjaga agar udara dalam ban tidak keluar. Linner ini terletak pada bagian sisi dalam ban.

9. INNER TUBE
Inner Tube adalah ban dalam yang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan berisi angin. Inner Tube ini ban dalam yang berada di dalam ban luar. Inner Tube hanya untuk ban Bias.

Demikian penjelasan untuk bagian - bagian dari ban, semoga bermanfaat untuk kita semua.













No comments:

Post a Comment

POSTINGAN POPULER